Pemerintah Tiongkok Bukan Pelapor Pertama Kasus Virus Corona di Dunia, Ini Penjelasan WHO

- 5 Juli 2020, 09:05 WIB
Logo WHO //ANTARA

JURNAL GARUT - Kasus pneumonia berat yang kini dikenal sebagai virus corona pertama kali bukan dilaporkan pemerintah Tiongkok. Namun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang pertama kali menemukannya.

Hal itu diungkapkan WHO baru-baru ini. WHO kini tengah melakukan penyelidikan mendalam terkait laporan pertama pandemi Covid-19 yang masuk ke kantor pusat WHO dunia.

Kasus pertama Covid-19 dilaporkan pertama kali oleh kantor cabang WHO yang ada di Tiongkok.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Tambah 1.447 Orang Kasus Covid-19 Indonesia Total 62.142 Positif, Sabtu 4 Juli 2020

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump menuding Tiongkok telah gagal memberikan informasi yang dibutuhkan untuk menekan penyebaran virus corona.

Bahkan, WHO juga dituding bias terhadap Tiongkok karena seolah-olah menutupi temuan virus corona di Tiongkok. Namun, faktanya tidak seperti itu, WHO lah yang pertama kali melaporkan kasus Covid-19 Tiongkok.

Dikutip dari PikiranRakyat-Pangandaran.com melalui AFP pada Sabtu, 4 Juli 2020, WHO merilis kronologi soal komunikasinya pada 9 April lalu, dengan maksud membantah semua tudingan Donald Trump atas keberpihakan terhadap Tiongkok.

Baca Juga: Netizen Indonesia Buat Teori Konspirasi Asal Usul Upin & Ipin, Warga Malaysia Malah Geram

Dalam rilisan itu, WHO menyebut bahwa Komisi Kesehatan Kota Wuhan di Provinsi Hubei telah melaporkan sejumlah kasus pneumonia berat pada 31 Desember 2019. Namun, WHO tidak menyebut secara spesifik soal siapa yang memberikan laporan tersebut.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Pikiran Rakyat Pangandaran


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X