Hari Lingkungan Hidup Sedunia Hari Ini 5 Juni 2020, Simak Sejarah dan Penjelasannya

- 5 Juni 2020, 07:05 WIB
Ilustrasi hari lingkungan hidup sedunia. Monyet liar hutan bergelantungan di kawasan ibu kota negara baru, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ANTARA FOTO

JURNAL GARUT - Hari ini, 5 Juni 2020 merupakan hari lingkungan hidup sedunia. Di dunia internasional, peringatannya dikenal dengan nama World Environment Day.

Hari lingkungan hidup sedunia dirayakan untuk mengingatkan umat manusia di seluruh penjuru bumi untuk peduli dengan alam.

Dengan peringatan berdurasi tahunan ini, diharapkan manusia bisa lebih menghargai semesta dan planet yang ditinggalinya, tidak merusak, mencemari, dan mengeksploitasi berlebihan.

Baca Juga: Gelombang Demonstrasi Mahasiswa Dikabarkan Muncul untuk Turunkan Presiden Jokowi, Berikut Faktanya

Hari lingkungan hidup sedunia pertama kali diperingati pada 5 Juni 1974. Persatuan Bangsa Bangsa menjadi penggagas peringatan ini.

Dalam sejarahnya, penetapan hari lingkungan hidup sedunia dilakukan oleh Majelis Umum PBB pada 1972. Saat itu, penetapan ini juga dilakukan untuk menandai dibukanya konferensi tentang lingkungan hidup manusia yang digelar PBB.

Konferensi itu sendiri berlangsung pada 5 Juni sampai 16 Juni 1972 di Stockholm, Swedia. Sejak saat itu, setiap tahunnya, 5 Juni diperingati sebagai hari lingkungan hidup sedunia.

Baca Juga: Fakta Menarik dan Sinopsis Film Fury : Ketika Brad Pitt Hadapi Pasukan Nazi di Perang Dunia II

Beragam bentuk peringatan dilakukan di hari lingkungan hidup sedunia. Salah satunya di Nepal dengan mengerahkan para pelajar untuk melakukan penghijauan di tempat masing-masing.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X