Ada Apa Hari Ini? Hari Lahir Pancasila dan Kembalinya Hong Kong ke Cina

- 1 Juni 2021, 13:10 WIB
Ilustrasi Kota Hongkong/pixabay
Ilustrasi Kota Hongkong/pixabay /

JURNAL GARUT - Hari ini tepatnya Selasa 1 Juni 2021 menjadi momentum yang sangat dibanggakan karena merupakan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 1945.

Hari Lahir Pancasila diperingati tiap tanggal 1 Juni, berdasar Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Hari Pancasila 2021 diputuskan sebagai tanggal merah atau hari liburan nasional.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) keluarkan surat selebaran untuk seluruh elemen bangsa dan warga Indonesia supaya memiliki komitmen mengingati Hari Lahir Pancasila tiap tanggal 1 Juni sebagai sisi dari pengarusutamaan Pancasila dalam semua sektor kehidupan bermasyarakat, berkebangsaan, dan bernegara.

Baca Juga: Elon Musk Diam-Diam Adakan Pertemuan Dengan Para Penambang Bitcoin, Ada Apa?

Loyalitas bersama seluruh bangsa, negara dan warga Indonesia dalam mengingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dikerjakan dengan menimbang kondisi dan situasi kedaruratan wabah COVID-19.

Dalam rencana memberikan dukungan usaha pemerintahan dalam menahan, mengatur, dan memutuskan mata rantai penebaran COVID-19 di Indonesia, karena itu peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dikerjakan Upacara Bendera lewat virtual gabungan.

Baca Juga: Kesulitan Menghasilkan Bitcoin Turun Hingga 16 Persen, Terjadi Bahkan Sebelum China Bertindak Keras Pekan Lalu

Hong Kong kembali ke Cina

Pada tengah malam tanggal 1 Juli 1997, Hong Kong kembali ke pemerintahan Tiongkok dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Pangeran Charles dari Wales, Presiden Tiongkok Jiang Zemin dan Menteri Luar Negeri AS Madeleine Albright.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: history.com


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X