Mulai Dijamah, Greenidge Generation Sisihkan Dana dari Laba Tambang Bitcoin Untuk Energi Terbarukan

- 17 Mei 2021, 15:08 WIB
ilustrasi Mining bitcoin
ilustrasi Mining bitcoin /facebook.com

JURNAL GARUT - Mulai 1 Juni Penambang Bitcoin hibrida dan pembangkit listrik Greenidge Generation Holdings mengatakan akan membeli offset karbon dalam upaya penetralan emisi gas buang.

Perusahaan juga menyatakan akan mengalihkan sebagian keuntungannya ke inisiatif energi terbarukan, dikutip dari laman resmi Grenidge.

Perusahaan yang berbasis di New York ini telah bergabung dengan beberapa perusahaan lain yang ingin mengurangi jejak karbon dari aktivitas penambangan mereka.

Baca Juga: Alamat Kedai Baso Aci di Garut Bisa Dibawa Buat Oleh-oleh Orang Kesayangan, Rasanya Mantap Harga Ramah

Dilansir Jurnal Garut dari The Block, Karbon sisa penambangan dapat diseimbangkan dengan cara mendanai untuk menyerap kembali kelebihan Carbon di atmosfer.

Tentu hasilnya beragam berdasarkan seberapa efektif mereka dalam memerangi perubahan iklim.

Proyek penggantian kerugian karbon untuk kapasitas penambangan bitcoin sebesar 19 MW (Mega Watt) dari total 106 MW dan ini akan diverifikasi melalui American Carbon Registry (ACR), Climate Action Reserve (CAR) dan perusahaan standarisasi pengurangan emisi karbon Verra.

Baca Juga: Antisipasi COVID-19 Pasca Libur Lebaran, Rudy Kumpulkan Puskesmas: Angka Kematian Garut Tertinggi di Indonesia

Menurut pernyataan pers Greenidge, ketiga badan konsultan penggantian kerugian karbon ini akan membantu memastikan efektivitas proyek pengurangan emisi karbon dan sekuestrasi yang didanai oleh Greenidge.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: The Block


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X