Mengharukan! Jepang Kenang 10 Tahun Tragedi Fukushima, Reaktor Nuklir yang Dihantam Gelombang Dahsyat

- 9 Maret 2021, 14:13 WIB
Ilustrasi pembangkitan air radioaktif di  di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima berhasil dikurangi Spesialis Tokyo Electric Tower (TEPCO).*
Ilustrasi pembangkitan air radioaktif di di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima berhasil dikurangi Spesialis Tokyo Electric Tower (TEPCO).* /Pixabay/jeanlouisservais

JURNAL GARUT - 11 Maret 2011 lalu menjadi petaka bagi Jepang saat gempa bumi dan tsunami yang menerjang hingga memicu kebocoran fasilitas nuklir di Fukushima.

Kebocoran fasilitas nuklir di Fukushima ini membuat dunia terpana dengan penanganan bencana nuklir terburuk sejak petaka nuklir yang terjadi di Chernobyl.

Gelomba tsunami yang menerjang pantai timur dipicu oleh gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 9.0 magnitudo itu menewaskan hapir 20.000 orang.

Baca Juga: Harapan dalam Kaos Deng Jia Xi: Korban Tembak Kesekian di Myanmar

Bencana dahsyat ini juga melumpuhkan pembangkit listri di Fukushima Dai-ichi dan lebih dari 160.000 penduduk dievakuasi untuk menyelamatkan diri saat terjadi kebocoran radiasi nuklir yang menyembur ke udara.

Dengan adanya kebocoran radiasi nuklir yang terjadi di Fukushima itu, Perdana Menteri Naoto Kan khawatir bahwa Tokyo juga perlu untuk dikosongkan, dikhawatirkan akan berdampak lebih buruk daripada semestinya.

Kiyoshi Kurokawa sebagai kepala tim investigasi menyimpulkan bahwa bencana di Fukushima adalah buatan manusia dan Fukushima tercatan dalam sejarah untuk bencana energi nuklir.

Baca Juga: Republik Ceko, Negara yang Miliki Tingkat Infeksi Virus Covid-19 per Kapita Tertinggi di Dunia

"Fukushima tercatan dalam sepanjang sejarah energi nuklir," Kata Kiyoshi.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X