Kesenjangan Honor Aktor Pria dan Wanita Jadi Sorotan, Pasca Honor Fantastis Kim Soo Hyun Terungkap Ke Publik

- 10 April 2021, 11:05 WIB
Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun
Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun /

JURNAL GARUT- Setelah perkiraan gaji Kim Soo Hyun untuk drama mendatangnya terungkap ke publik, perbedaan gaji antara aktor pria dan wanita telah beredar secara online. Sebelumnya, aktor It’s Okay To Not Be Okay itu membuat geger Korea Selatan, karena berbagai sumber media melaporkan dugaan bayarannya untuk drama mendatangnya, That Night.

Menurut laporan berita, Kim Soo Hyun akan menerima jaminan ₩ 500 juta KRW atau sekitar Rp 6,5 miliar rupiah per episode. Jumlah ini adalah minimum yang dijamin, karena tidak termasuk pendapatan yang akan dihasilkan drama dari iklan, penjualan hak cipta, dan lainnya.

Dengan gaji yang sangat tinggi, Kim Soo Hyun menjadi pembicaraan hangat di Korea selama beberapa waktu.

Baca Juga: Segera Comeback! EXO Bocorkan Konsep Video Musik Terbaru Mereka

Mengingat berita baru-baru ini tentang gaji Kim Soo Hyun yang akan datang, diskusi tentang perbedaan gaji antara aktor dan aktris mulai menyebar secara online. Sebelum berita Kim Soo Hyun, perbedaan gaji antara pria dan wanita di Korea Selatan telah diketahui secara luas, tetapi topik ini belum benar-benar dibahas sehubungan dengan industri hiburan. Begitulah, sampai sekarang.

Menurut laporan, sulit untuk menemukan aktris A-list yang menerima gaji lebih dari ₩ 100 juta KRW atau sekitar Rp 1,3 miliar rupiah per episode untuk produksi serial drama. Jumlah ini jauh lebih rendah daripada gaji rata-rata ₩ 200 juta KRW atau sekitar Rp 2,6 miliar rupiah, yang diterima sebagian besar pemeran utama pria per episode drama.

Sementara ₩ 100 juta KRW atau sekitar Rp 1,3 miliar rupiah, masih merupakan jumlah uang yang besar. Namun, itu adalah sebagian kecil dari apa yang diterima aktor pria.

Baca Juga: Rilis Single Baru Sebelum Wamil, Lagu Chanyeol EXO 'Tomorrow' Puncaki Tangga Lagu iTunes

Orang dalam industri yang berbeda menyatakan berbagai alasan di balik perbedaan gaji. Salah satu alasan yang diangkat sebagai argumen adalah kenyataan bahwa drama biasanya lebih fokus pada pemeran utama pria daripada pemeran utama wanita. Argumen lain membandingkan popularitas pemeran utama pria versus wanita di luar negeri. Mereka mengklaim bahwa gaji seorang aktor bergantung pada ketenaran mereka di luar negeri dan ini berperan besar dalam kesenjangan upah.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Koreaboo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X