Ini Rekam Jejak Almarhum Usep Romli, Wartawan Pikiran Rakyat yang Pernah Bertugas ke Afganistan

- 8 Juli 2020, 11:16 WIB
Wartawan senior dan budayawan Usep Romli meninggal dunia, Rabu 8 Juli 2020 di Klinik Al Yamin, Kecamatan Limbangan //Dok Jurnal Garut.

JURNAL GARUT - Kabar duka datang dari wartawan senior dan budayawan, Usep Romli yang meninggal dunia hari ini, Rabu 8 Juli 2020 pukul 09.45 WIB. Usep Romli meninggal setelah dirawat di Klinik Al Yamin, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.

Usep Romli lahir di Limbangan, Kabupaten Garut pada 16 April 1949. Ia pernah menjadi guru SD di Limbangan. Meski jadi seorang guru, ia menyambi sebagi koresponden tabloid mingguan Fusi tahun 1972.

Tak hanya di Fusi, ia juga mengisi tulisan di Giwangkaran tahun 1972 sampai 1976, surat kabar Pelita 1977-1979, dan surat kabar Sipatahunan tahun 1979-1980.

Baca Juga: Petugas Medis di India Buang Mayat Korban Positif Covid-19 di Trotoar, Aksinya Terekam Kamera CCTV

Saat dipindahkan tugas ke kantor P&K Bandung, ia memilih keluar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bekerja sebagai wartawan Pikiran Rakyat.

Sebagai wartawan ia pernah dikirim ke Afganistan untuk membuat laporan tentang perlawanan kaum mujahidin melawan pendudukan Soviet-Rusia, ke Palestina, dan Bosnia.

Kemampuannya berbahasa Arab yang dipelajarinya di pesantren, membantunya dalam tugas tersebut. Sejak masih sekolah di SPG (sekolah pendidikan guru), Usep menulis sajak dan cerita pendek dalam bahasa Sunda dan dimuat dalam berbagai media.

Baca Juga: Kementerian Keuangan Tidak Lagi Terima Lulusan STAN untuk Lima Tahun ke Depan

Banyak hasil karyanya yang telah dibukukan. Ia pun banyak menulis buku bacaan kanak-kanak, baik dalam bahasa Sunda maupun bahasa Indonesia.***

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X