BKSDA Jabar Tangkap 2 Ekor Buaya Muara Berukuran 2 Meter di Garut

- 7 Juni 2020, 09:45 WIB
Petugas Seksi Konservasi Wilayah V Garut Balai Besar KSDA Jabar menangkap dua ekor buaya muara di perkebunan PT Condong, Garut. BKSDA Jabar

JURNAL GARUT - Gugus Tugas TSL Seksi Konservasi Wilayah V Garut Balai Besar KSDA Jabar menangkap dua ekor buaya muara di perkebunan PT Condong. Kedua buaya muara itu sudah ada di kawasan PT Condong sejak tahun 1990.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut Dodi Arisandi, mengatakan, buaya sepanjang dua meter itu merupakan penyerahan dari Perkebunan PT Condong di Kampung Cimari, Desa Cigadig, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Buaya dengan lebar 53 sentimeter dengan berat sekitar 60 kilogram itu ditangkap dan diamankan oleh pihak Gugus Tugas TLS Seksi Konservasi Wilayah V Garut.

Baca Juga: Gajah Hamil Makan Nanas Berisi Petasan Tuai Protes Warga Dunia

"Kami juga bekerja sama dengan pawang buaya dari pihak Lembaga Konservasi Taman Satwa Cikembulan," ujar Dodi dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnal Garut, Minggu 7 Juni 2020.

Kedua buaya itu merupakan peliharaan PT Condong. Setelah dilakukan pendekatan, pihak perusahaan akhirnya mau menyerahkan buaya itu.

"Selanjutnya petugas kami melakukan penangkapan dan evakuasi untuk diamankan. Kedua buaya itu kemudian dititiprawatkan ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga yang berada di Kabupaten Sukabumi," katanya.

Baca Juga: KLHK Tangkap Warga Garut dan Bandung Penjual Satwa Dilindungi

Dodi menambahkan, selain dua ekor buaya muara yang diamankan, pihaknya juga mengamankan seekor kukang jawa (nycticebus javanicus). Satwa itu diserahkan dari warga Kampung Babakan, Desa/Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X