Batal Berangkat Tahun Ini, Kemenag Sebut Calon Jemaah Haji Kecewa

- 2 Juni 2020, 13:57 WIB
Kemenag akhirnya menjelaskan alasan mengundur pengumuman kepastian ibadah Haji 1441 H. Apa alasannya? /pixabay

JURNAL GARUT - Pembatalan keberangkatan ibadah haji 2020 berimbas kepada calon jemaah haji. Di Kabupaten Garut sebanyak 1.895 calon jemaah haji gagal berangkat tahun ini.

Keberangkatan calon jemaah haji ditunda hingga tahun depan. Padahal pada Maret 2020, ribuan calon jemaah haji sudah melaksanakan bimbingan pramansik di Gedung Pendopo Garut.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Garut, Karimudin, mengatakan, pembatalan ibadah haji itu sudah sesuai keputusan dari Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca Juga: Menag Umumkan Ibadah Haji 2020 Batal Berangkat Akibat Covid-19

"Kami ikut keputusan dari pemerintah. Apalagi pemerintah Arab Saudi juga belum membuka ibadah haji tahun ini," kata Karimudin melalui sambungan telepon, Selasa, 2 Juni 2020.

Diakui Karimudin, sejumlah calon jemaah haji merasa kecewa dengan pembatalan ini. Namun pemerintah juga tak bisa berbuat banyak karena adanya pandemi Covid-19.

"Kecewa tentu saja. Ada yang sudah menunggu tujuh sampai delapan tahun untuk berangkat. Saat sudah di depan mata malah dibatalkan," ucapnya.

Baca Juga: Terdampak PSBB Papua, Sejumlah Warga Garut Tertahan Tak Bisa Pulang

Para calon jemaah haji dipersilakan untuk mengambil pelunasan ongkos haji. Jika tidak diambil pun, ongkos haji masih bisa digunakan untuk keberangkatan tahun depan.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X