Baru Dilantik, Kades Langsung Dapat Transferan ADD di Awal Bulan Agustus, Bupati: Ada Rp30 Miliar

- 28 Juli 2021, 14:47 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan melantik 214 Kades terpilih secara virtual dan langsung, di Ruang Pamengkang, Pendopo Garut, Rabu (28/7/2021).
Bupati Garut, Rudy Gunawan melantik 214 Kades terpilih secara virtual dan langsung, di Ruang Pamengkang, Pendopo Garut, Rabu (28/7/2021). /Humas Pemda/

JURNAL GARUT – Sebanyak 214 Kepala Desa di Kabupaten Garut secara resmi di lantik secara virtual. Bupati Garut, Rudy Gunawan memimpin pelantikan di Gedung Pamangkang pada Rabu 27 Juli 2021.

Baru dilantik, Kades baru ini langsung mendapatkan kucuran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang rencananya akan disalurkan pada awal Agustus 2021.

Pemerintah Kabupaten Garut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mendapatkan dana desa sebesar 635 miliar pertahun.

Baca Juga: DPD NasDem Garut Targetkan 5.000 Dosis Vaksin, Sehari Hanya 167 Orang yang Divaksin

Dana desa ditransfer dari pemerintah pusat dari kas negara langsung ke rekening desa.

"Tentu ini jadi perhatian kita, kita mempertanggungjawabkan keuangan desa, hal-hal yang berhubungan itu akan menyebabkan masalah-masalah hukum,” ujar Rudy Gunawan, usai melantik 214 Kepala Desa (Kades) terpilih yang digelar secara virtual di Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu 28 Juli 2021.

Selain dana desa, terkait ADD pada tahun ini juga akan ditransferkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut secara langsung ke rekening desa.

Baca Juga: Tidak hanya PPKM Level 4 yang Terima BLT, 7 Sektor Pekerja Prioritas di Wilayah Ini Juga Dapat BSU Rp 1 Juta

“Selain itu ada alokasi dana desa yang ditransferkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut yaitu 10% dari dana transfer dan dikurangi dari DAK (Dana Alokasi Khusus) serta dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) itu jumlahnya tahun ini adalah 202 miliar rupiah yang ditransfer dari Pemerintah Kabupaten Garut dalam bentuk ADD ke rekening desa,” terangnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X