PPKM Darurat di Kabupaten Garut Diperpanjang atau Tidak? Bupati Tunggu Keputusan dari Joko Widodo

- 20 Juli 2021, 07:06 WIB
 Rudy Gunawan mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Command Center, Komplek Pendopo Garut.
Rudy Gunawan mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Command Center, Komplek Pendopo Garut. /Humas Pemda Garut/


JURNAL GARUT – Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai pada tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Namun beredar kabar PPKM Darurat akan kembali diperpanjang mengingat penyembaran COVID-19 di Indonesia belum mengalami penurunan jumlah kasus.

Bupati Garut, Rudy Gunawan yang mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Command Center, Komplek Pendopo Garut, Senin 19 Juli 2021 mengaku masih mengunggu keputusan dari pusat.

Baca Juga: Garut Kota dan Karangpawitan Masih Zona Merah, Update Level Kewaspadaan Covid-19 Kabupaten Garut

Rudy mengatakan usai mengikuti rapat menuturkan terkait kejelasan diperpanjang atau tidaknya PPKM Darurat di Kabupaten Garut, pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat yang akan disampaikan pada hari ini Selasa 20 Juli 2021.

Rudy mengatakan sesuai dari arahan Pemerintah Pusat, ketentuan perpanjangan PPKM akan diselaraskan dengan kondisi di daerah melalui tingkat infeksi atau kegawatan. Dengan ukuran level satu sampai level empat, maka ada perubahan istilah dari PPKM Darurat menjadi PPKM Level.

"Untuk Kabupaten Garut sendiri belum diumumkan berada di level mana, karena kita mengikuti Jawa Barat, saat ini Jabar kasus aktifnya 102.000, kami sekarang masuk ke Level 3 masuk ke Level 4, jadi Level 3 dan 4 akan sama seperti saat ini," ujarnya.

Baca Juga: UPDATE Kasus Covid-19 Kabupaten Garut, Jumlah Kasus Meninggal Turun Drastis

Rudy menerangkan untuk tingkat level sendiri ditentukan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan status daerah masing-masing.

"Level itu ditentukan oleh Kementerian Kesehatan untuk menentukan bahwa kita masuk ke dalam PPKM Level 4. PPKM Level 4 itu ada syarat-syaratnya, nanti ada PPKM Level 3, kalau Level 2 itu harus bekerja lagi PNS 50 persen, kalau di Level 1 boleh PNS bekerja lagi 100 persen,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X