Mau Mudik ke Garut? Harus Bawa Surat Swab atau Risiko Diputar Balik Petugas

- 3 Mei 2021, 19:18 WIB
Petugas dari Polres Garut memeriksa pengemudi yang datang ke Garut di Pos Pemeriksaan Kadungora, Senin, 3 Mei 2021. Pemudik akan diputar balik petugas jika tak membawa surat tes Covid 19.
Petugas dari Polres Garut memeriksa pengemudi yang datang ke Garut di Pos Pemeriksaan Kadungora, Senin, 3 Mei 2021. Pemudik akan diputar balik petugas jika tak membawa surat tes Covid 19. /Firman Wijaksana/Jurnal Garut

JURNAL GARUT - Para pemudik yang melintasi wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat harus rela diputar balik. Petugas pun melakukan pemeriksaan ketat ke setiap kendaraan yang akan masuk ke Garut.

Sebelum tanggal 6 mei 2021, para pemudik masih diberi keringanan untuk masuk wilayah Garut. Namun dengan syarat menunjukkan hasil swab.

Petugas juga menyediakan tes swab jika para pemudik belum melakukannya. Namun jika menolak untuk melakukan swab, maka terpaksa akan diputar balik.

"Kami arahkan untuk putar balik kalau tak mau di swab. Kalau mau di swab dan sesuai SOP, maka bisa masuk ke wilayah Garut," ujar Kasatlantas Polres Garut, AKP Karyaman, Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Ngeri! Dokter di Rumah Sakit India Ceritakan Hal Mengerikan ini, Sampai Rekannya Bunuh Diri

Selama pengetatan arus mudik, petugas masih menemukan pemudik nakal. Banyak yang nekat mudik dengan alasan anggota keluarganya tengah sakit.

"Tapi mereka datang tidak sesuai dengan prokes (protokol kesehatan) Covid 19 dan diindikasikan memang akan mudik," ucapnya.

Setiap harinya, petugas menyediakan tes swab sebanyak 150. Hingga kini, memang belum ditemukan kasus positif dari pemudik yang telah diuji swab.

"Ini sebagai antisipasi agar tak ada klaster baru lagi di Garut. Memang yang datang kebanyakan dari luar daerah seperti Jakarta," katanya.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X