Jelang Ramdhan Harga Cabai Berangsur Mulai Turun, Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Panik Buying

- 12 April 2021, 09:22 WIB
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana. /Muhamamd Nur/

JURNAL GARUT – Sehari menjelang Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Daerah Kabupaten Garut memastikan ketersediaan stok bahan pokok dipastikan aman dan tersedia di berbagai pasar tradisional maupun pasar moderen.

Ketersediaan bahan pokok menjadi perhatian pasalnya, setiap tahun sering kali terjadi lonjakan harga yang signifikan pada saat akan memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana, mengatakan, pihaknya telah melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa pasar yang ada di Kabupaten Garut. Ditemui bahwa harga cabai yang semula melonjak tinggi kini sudah turun drastis.

Baca Juga: Diambil Maling 2 juta Diganti Netizen Indonesia 100 Juta Lebih, Tukang Beca di Garut Nagis Terharu

"Kemarin saya telah lakukan sidak di empat pasar di Pasar Wanaraja, Terlanjurora, Limbangan dan Leles, Alhamdulillah bahan dasar penting ada. Yang lebih menyenangkan cabai merah yang sebelumnya 120 ribu telah turun ke 80 ribu dan 60 ribu," kata Gania di Kantor Unit Metrologi Legal, Jalan Terusan Pahlawan, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin 12 April 2021.

Disamping itu, Nia menerangka, faksinya akan menambahkan jumlah turun LPG 3 Kg supaya di saat Bulan Ramadhan terjadi kenaikan produksi makanan dalam masyarakat.

"Selanjutnya kami sudah menambahkan jumlah turun LPG 3 Kg semoga kita yakin jika di ramadhan itu akan terjadi kenaikan proses produksi makanan dan LPG bertambah dan kita telah ajukan tambahan ke Pertamina," sambungnya.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Hiswana Pastikan Pasokan LPG 3kg Aman dengan Extra Droping 19 Juta Tabung Tahun Ini

Nia menghimbau ke warga Garut di saat mendekati ramadhan atau saat ramadhan datang supaya tidak lakukan panik buying, karena akan membuat stok barang di pasar kurang dan harga jadi naik.

"Semoga warga tidak lakukan panik buying, maknanya mereka lakukan pembelian 3x lipat dalam periode waktu yang cepat. Lumrah sajalah karena tersedianya ada. Karena jika terjadi semacam itu kelak stok barang di pasar jadi kurang harga bisa menjadi naik," katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X