Kerjasama Dengan BI Pambayaran Parkir, Uji Kir di Garut Bakal Non Tunai

- 6 Maret 2021, 09:32 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan, menerima kunjungan kerja dari Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat, di Ruang Pamengkang, Kabupaten Garut. /Humas Pemda Garut/


JURNAL GARUT - Bupati Garut, Rudy Gunawan, berencana untuk menerapakan sistem keuangan daerah secara non tunai.

Hal ini diperkuat dengan adanya kunjungan kerja dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Barat (Jabar) di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Rudy menyampaikan bahwa di daerahnya ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan dengan adanya transaksi non tunai yang saat ini sedang digaungkan oleh BI.

Baca Juga: Puluhan Petugas Lapas Garut Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

"Kami tertarik dengan apa yang disampaikan mungkin terkait transaksi non tunai di pemerintahan, kami juga ada beberapa PAD (Pendapatan Asli Dserah) yang mungkin bisa ditingkatkan seperti parkir, seperti (uji) kir, dan lain sebagainya, termasuk mungkin kami ini kalau yang berhubungan pengelolaan keuangan daerah semuanya sudah non tunai," ujar Rudy, Jumat 5 Maret 2021.

Rudy mengatakan, pengelolaan keuangan daerah di pemerintahannya semuanya sudah dilakukan secara non tunai.

"Termasuk mungkin kami ini kalau yang berhubungan pengelolaan keuangan daerah semuanya sudah non tunai. Jadi kami semuanya sudah non tunai, tidak ada lagi yang dibayar langsung. Oleh sebab itu kami minta arahan dari Bank Indonesia Jawa Barat, dan juga dari Bank BJB (Bank Jabar Banten) dan bagaimana posisi-posisi kami, dalam rangka meningkatkan PAD itu bisa dilaksanakan dengan transaksi non tunai," jelas Rudy.

Baca Juga: Terputus Sepanjang 3 Tahun, Saluran Irigasi Citespong di Cilawu Akan Segera Dibangun Kembali

Ia juga menuturkan, di Kabupaten Garut, sudah ada beberapa pasar yang sudah menerapkan transaksi non tunai.

"Kami juga ada beberapa pasar (melakukan transaksi non tunai), yang mungkin itu bisa dijadikan percontohan, meskipun ada tapi masih kecil, tapi pasar-pasar lain mungkin bisa dilakukan," tutur Rudy.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X