Terputus Sepanjang 3 Tahun, Saluran Irigasi Citespong di Cilawu Akan Segera Dibangun Kembali

- 5 Maret 2021, 05:25 WIB
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, meninjau langsung lokasi drainase yang terputus akibat material longsoran di Kampung Cikadu, Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (3/3/2021). /Humas Pemda Garut/

JURNAL GARUT - Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, melakukan pantauan dan lawatan ke aliran irigasi (aliran air) Citespong yang terserang material longsoran di Daerah Cikadu, Dusun Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Drainase yang menyambungkan tiga dusun salah satunya Dusun Cilawu, Dusun Margalaksana, dan Dusun Pasanggrahan ini, terputus semenjak tahun 2019 lalu karena material longsoran. Mengakibatkan mobilisasi masyarakat terutamanya pertanian di wilayah itu terhalang.

Buat memperhitungkan hal itu, Helmi menjelaskan masyarakat gotong-royong membuat aliran air manual memakai pipa plastik atau pralon.

Baca Juga: Narsis dan Ingin Disebut Istri Pejabat TNI, Ibu di Bandung Pamer Pelat Nomor Palsu di Tiktok

"Masyarakat secara bergotong-royong membuat aliran manual dengan menggunakan paralon, irigasi ini mengaliri lebih kurang 104 hektar tempat pesawahan punya masyarakat," tutur Helmi, Rabu 3 Maret 2021.

Helmi sampaikan jika masyarakat berasa tanahnya saat ini kurang produktif karena irigasi yang terputus ini.

"Saya terima info Selasa malam dari beberapa petani dari 3 dusun, berasa tanahnya saat ini kurang bahkan juga tidak produktif karena saluran yang mengaliri aliran irigasinya terputus, itu telah berjalan tiga tahun, jumlah yang lumayan besar karena ada 104 Hektar yang umum terairi oleh aliran irigasi itu," katanya.

Baca Juga: Pucat Hingga Tegang, Ini Reaksi Para Jurnalis Garut Saat Vaksinasi

Dia menjelaskan, pembangunan drainase ini telah masuk ke Gagasan Pembangungan Tingkat Kecamatan (RPTK).

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X