Tower Pasokan Listrik Nyaris Digerus Longsor Cilawu, Garut-Tasik Terancam Gelap Gulita

- 22 Februari 2021, 14:00 WIB
ilustrasi sutet
ilustrasi sutet /music4life/pixabay

JURNAL GARUT - Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan sejumlah daerah di Priangan Timur, Jawa Barat terancam gelap gulita. Sebabnya, tower pasokan listrik di Cilawu, Garut terancam tergerus longsor.

Tower pasokan listrik dari Garut ke Tasikmalaya itu berada di Kampung Cipager, Desa Karyamekar, Cilawu, Garut yang kini sedang dilanda pergerakan tanah.

Pergerakan tanah maih terjadi menyusul longsor di Kampung Cipager itu, sebelumnya. Titik di mana tower pasokan listrik berada, hanya berjarak 8 meter dari lokasi longsor.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

"Satu tower di sana (Cipager) itu subsistem Tasikmalaya. Jadi memasok listrik dari Garut ke Tasikmalaya. Kalau sampai terkena longsor, se Priangan Timur akan terancam," kata Supervisor Pemeliharaan Jaringan PLN ULTG (Unit Layanan Transmisi Gardu Induk) Garut, Hari Sabar Akbar, kepada Jurnal Garut.

Tower yang dimaksud terancam longsor itu adalah saluran udara tegangan tinggi (SUTET). Dan lokasinya berdiri saat ini ditetapkan sebagai zona merah longsor.

Camat Cilawu, Mekarwati mengatakan longsor yang terjadi mengharuskan warga mengungsi. Warga saat ini tidak boleh kembali ke rumah mereka sebab kondisinya berbahaya.

Baca Juga: Semua Berharap Lolos Gelombang 2021, Ikuti Panduan Membuat Akun Prakerja ini Biar Cekgur

Data terakhir warga yang terdampak dan terancam bahaya longsor, sebanyak 253 orang atau 75 kepala keluarga (KK). Warga memilih mengungsi ketimbang risiko tinggi jika bertahan di rumahnya.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X