16 Tradisi dalam Perayaan Tahun Baru Imlek: Membeli Emas hingga Potong Rambut

- 23 Januari 2021, 11:06 WIB
Ilustrasi imlek Gong Xi Fa Cai /pixabay /truthseeker08

JURNAL GARUT - Perayaan tahun baru Imlek sebentar lagi akan berlangsung, menurut kalender lunisolar Tiongkok, perayaan tahun baru Imlek akan dimulai pada 25 Januari 2021.

Terkait hal itu banyak legenda dan tradisi yang dilakukan, karena ini merupakan waktunya untuk penghormatan pada dewa dan leluhur, dengan penuh doa pengharapan, persembahan dan tindakan berupa pengabdian lainnya.

Seperti dalam budaya China dan Asia lainnya, amplop merah adalah hadiah uang, biasanya diberikan kepada anak-anak pada Tahun Baru untuk kemakmuran dan keberuntungan. Biasanya amplop dan uang di dalamnya baru.

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Begini Perayaan Imlek dan Penanggalannya Sesuai Kalender China

Berikut tradisi dan adat yang dilakukan dalam perayaan tahun baru Imlek:

1. Petasan dan kembang api dinyalakan pada tengah malam untuk mengusir tahun yang lama dan menyambut tahun baru. Pada Malam Tahun Baru, pada tengah malam, pintu dan jendela dibuka agar tahun tua keluar.

2. Merah adalah warna yang diasosiasikan dengan api, yang dianggap dapat mengusir roh jahat, inilah mengapa banyak orang Tionghoa memakai warna merah.

3. Potongan rambut apa pun harus diselesaikan sebelum Tahun Baru, karena memotong rambut pada hari ini dianggap membawa sial. Potongan rambut baru sebelum tahun baru dipercaya dapat menjauhkan roh jahat.

Baca Juga: 11 Manfaat Teh Delima untuk Kesehatan, Dari Jantung sampai Perawatam Gigi

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: the chinese zodiac


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X