Cek Fakta: Habib Rizieq Shihab Umumkan Kepulangannya Usai Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

- 4 November 2020, 17:10 WIB
Ketua Umum Front Pembela Islam, Habib Rizieq Syihab. / ANTARA /

JURNAL GARUT - Sebuah akun facebook bernama Ahsin AY memposting sebuah narasi yang menyebutkan bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengumumkan pulang ke Indonesia setelah ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Mekah, Arab Saudi.

Berikut narasi yang diposting akun tersebut:
"Pertanda apakah ini...
Sejak kapan makom Rosullah berada di mekah
Drun-Drun Pinter dikit NAPE...!!

Baca Juga: Gara-gara Curhat Ini di Instagram, Yeri Red Velvet Dikritik Netter Korea

Narasi tersebut kita sudah beredar di media sosial facebook dan mendapatkan berbagai tanggapan dari netizen. Terdiri dari 122 emotikon, 40 komentar dan 13 kali dibagikan.

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, kata Mekah pada kalimat "Habib Rizieq umumkan kepulangannya setelah ziarah ke makam Nabi Muhammad di Mekah" terkesan ambigu.

Pertama, kata Mekah itu bisa dianggap merujuk pada lokasi makam Nabi Muhammad atau kedua, merujuk pada lokasi pengumuman. Jika merujuk pada lokasi makam Nabi Muhammad SAW, adalah salah. Faktanya, makam Nabi Muhammad SAW terletak di Madinah, Arab Saudi.

Baca Juga: Dipermalukan Arsenal 0-1 di Kandang, Legenda MU Semprot Edison Cavani yang Terlihat Malas

Di sisi lain, pada Kamis 29 Oktober 2020, Rizieq bersama keluarga mengaku akan keluar dari kota Mekah ke Madinah. Rizieq berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

"Insya Allah doakan besok pagi (hari ini) kami saya sekeluarga dari Mekah akan ziarah di kota suci Madinah tempat Nabi Muhammad SAW," kata Rizieq, Jumat 30 Oktober 2020.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X