Cek Fakta: Mendagri Tito Karnavian Disebut Berpaham Komunis Usai Sekolah di China, Simak Faktanya

- 14 Juli 2020, 11:53 WIB
Mendagri Tito Karnavian /net

JURNAL GARUT - Mantan Kapolri yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian disebut memiliki paham komunis. Isu itu beredar melalui media sosial Facebook.

Akun Facebook Nicky Mediola mengunggah sebuah tulisan yang menyebut jika ideologi komunis dipegang Tito Karnavian. Pasalnya Tito pernah disekolahkan Partai Komunis China di Beijing.

Entah apa yang mendasari akun tersebut menulis jika Tito berpaham kiri. Ia juga tak menjelaskan dasar pendapatnya yang diunggah pada 13 Juli 2020 tersebut.

Baca Juga: Begini Hukum Qurban Hasil Patungan Menurut Perspektif Mazhab Syafi'i

"TITO KARNIVAN ITU BERIDIOLOGI KOMUNIS DIA BISA DI KATAKAN PKI KARENA DI PERNAH DI SEKOLAHLAH OLEH PARTAI KOMUNIS CHINA DI BAIJING," tulis akun itu.

Dari hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di Turn Back Hoax, klaim jika Tito pernah bersekolah di Beijing, China tidak benar.

Tito Karnavian sendiri tidak pernah disekolahkan oleh Partai Komunis China di Beijing seperti narasi yang ditulis akun Facebook itu.

Baca Juga: Biasa Tampil Seksi, Ini 5 Potret Cantik Hana Hanifah saat Mengenakan Baju Syar'i

Dari lama Wikipedia, Tito Karnavian pernah menempuh pendidikan program S2 di University of Exeter, Inggris, melalui beasiswa dari The British Council untuk program Master in Police Studies tahun 1992.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X