Cek Fakta: Tersiar Kabar Ada Rombongan Jemaah Asal Padang Akan Berangkat Haji, Simak Penjelasannya

- 13 Juli 2020, 07:10 WIB
ILUSTRASI ibadah haji.* /Al Jazeera/

JURNAL GARUT - Tersiar kabar jika ada calon jemaah haji asal Sumatera Barat yang berangkat haji ke Arab Saudi. Padahal pemerintah tak memberangkatkan jemaah haji tahun ini.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan para jemaah haji batal berangkat tahun ini. Pemerintah Saudi pun hanya membuka ibadah haji untuk warga yang ada di negara tersebut dan jumlahnya dibatasi.

Di media sosial Facebook, terdapat unggahan yang menyebut rombongan jemaah haji dari Padang, Sumatera Barat hendak berangkat haji. Sejumlah bus dalam foto itu diduga mengangkut para jemaah haji.

Baca Juga: Ada Luka Lebam di Tubuh Editor Metro TV, Diduga Sempat Dianiaya Sebelum Tewas

Para jemaah ini disebut-sebut berangkat tanpa izin dari Kementerian Agama. Akun @AsdarRa’uufRauf mengunggah sebuah foto bus dan sebuah narasi.

"Rombongan jema’ah haji Padang Sumatra Barat non via Depag berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji–dengan adanya lobi khusus para tokoh dan ulama Padang Sumatra Barat dengan Kerajaan Arab Saudi dan juga adanya hubungan history Kerajaan Pagaruyung Sumatra Barat pada zaman dulunya, serta Keluarga Kerajaan Pagaruyung juga mempunyai lahan tanah yang cukup luas di Arab Saudi,sekarang ini dibangun Hotel untuk jemaah haji asal Sumatra Barat–memudahkan urusan warga yang menunaikan haji asal Sumatra Barat tersebut–disamping itu Kerajaan Arab Saudi juga sangat menghargai Alm Sheh Ahmad Khatib asal Padang yang pernah menjadi Imam besar Masjidil Haram– semoga hubungan baik Kerajaan Arab Saudi dengan Padang Sumatra Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya terjalin lebih akrab lagi kedepannya dan yang menunaikan Haji mendapat haji mabrur–aamiin," tulis akun itu.

Baca Juga: Sering Kesemutan Bisa Jadi Anda Mengidap Koleterol Tinggi, Berikut Tanda Jika Anda Mengidap Kolester

Unggahan itu tidak disertai dengan keterangan waktu. Akibatnya banyak menimbulkan kesalahan tafsir dari para pembaca. Hingga saat ini unggahan @AsdarRa’uufRauf telah mendapat 75 komentar dan dibagikan sebanyak 2,1 ribu kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Hoaks keberangkatan rombongan calon haji dari Kota Padang, Sumatra Barat tahun 2020.*
Hoaks keberangkatan rombongan calon haji dari Kota Padang, Sumatra Barat tahun 2020.*

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X