Cek Fakta: Seorang Umat Muslim Asal Indonesia Dikabarkan Cium Tangan Paus Fransiskus di Vatikan

- 9 Juli 2020, 14:05 WIB
Tangkapan layar seorang WNI yang mencium tangan Paus Fransiskus di Vatikan //Turn Back Hoax.

JURNAL GARUT - Foto seorang warga Indonesia yang mencium tangan Paus Fransiskus beredar di media sosial. Orang itu disebut sebagai pengurus Nahdlatul Ulama (NU).

Akun Facebook bernama Deni Syafrizal mengunggah dua buah foto. Ia juga menulis sebuah narasi dalam unggahannya.

"Ulama umat muslim di musuhi. Kalau guru besar dari agama lain dia cium tangan, ini orang sebenarnya agama apa sih. Yang seperti ini yang mau di jadikan panutan," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Harga BBM Jenis Pertalite Kini Seharga Premium

Dalam foto tersebut terdapat beberapa pengurus GP Ansor dan NU yang sedang menyalami Paus Fransiskus saat berkunjung ke Vatikan. Terlihat salah seorang dari rombongan mencium tangan Paus Fransiskus.

Berdasarkan hasil penelusuran, orang dalam foto yang mencium tangan Paus Fransiskus bukanlah pengurus NU. Pria tersebut pemeluk Katolik. Ia adalah Kepala Biro Umum di Kantor Wantimpres.

Klaim jika ada pengurus NU yang mencium tangan Paus Fransiskus sudah beredar sejak 2019 lalu. Dilansir dari Turn Back Hoax, pria dalam foto yang mencium tangan Paus Fransiskus bernama Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono.

Baca Juga: Pembobol Bank BNI Rp 1,7 Triliun Maria Pauline Lumowa Berhasil Ditangkap Setelah 17 Tahun Buron

Ia bukan seorang tokoh agama. Bukan Romo maupun Uskup. Pria yang biasa dipangil Totok ini adalah Kepala Biro Umum Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X