Cek Fakta: Mahathir Mohammad Sebut Pelajar Indonesia Akan Tertinggal dalam Penguasaan Sains

- 23 Februari 2021, 12:29 WIB
Mahathir Mohamad (Mantan Perdana Menteri Malaysia).* /Tangkap layar/Instagram @chedetofficial/

JURNAL GARUT - Sebuah akun facebook bernama Satrio Wudho mengunggah gambar yang mengklaim pernyataanann mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

Klaim pernyataan Mahathir Mohammad yang diposting akun facebook itu menyatakan bahwa anak-anak Indonesia akan tertinggal dalam penguasaan sains karena banyak belajar agama.

Berikut narasi yang diklaim sebagai ungkapan manatan Perdana Menteri Malaysia di posting di facebook ini.

Baca Juga: Simak! Inilah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengontrol Gula Darah Supaya Tak Tinggi

Ini kata paman tetangga sebelah lho…

“PELAN-PELAN anak-anak sekolah negeri di Indonesia akan tertinggal dalam penguasaan sains. Umurnya habis untuk ayat-ayat dan daoa, belajar soal haram, dosa, bidadari, menghitung pahala, mencari dalil, mengukur akerat. Setelah kalah bersaing lalu memusuji pemerintah dan menetapkan negara syariah sebagai solusinya .. ”(Mahatir Muhammad)”.

Tangkapan layar hoaks berisi pernyataan pejabat publik Malaysia Mahathir Mohamad soal pendidikan di Indonesia.
Tangkapan layar hoaks berisi pernyataan pejabat publik Malaysia Mahathir Mohamad soal pendidikan di Indonesia. Dok. Turnbackhoax.id

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, berdasarkan hasil penelusuran, klaim serupa juga pernah dibahas sebelumnya dalam artikel Turnbackhoax.id pada November 2020 lalu.

Tidak ditemukan Mahathir Mohammad yang terkait dengan anak Indonesia akan tertinggal dalam sains karena sibuk mempelajari agama, namun ditemukan jejak digital terkait kritik Mahathir Mohammad terhadap sistem pendidikan di negaranya, Malaysia.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X