Cek Fakta: Habib Rizieq Shihab Ditendang Polisi Saat Masuk ke Mobil?

- 17 Januari 2021, 07:32 WIB
Ketua FPI Habib Rizieq /

JURNAL GARUT - Sebuah video ramai diperbincangkan, sebab itu merekam tindakan polisi yang menendang Habib Rizieq Shihab ketika akan memasuki mobil? Namun, benarkah polisi menendang?

Video berdurasi 2 menit dengan narasi yang sensitif itu dibagikan di Youtube. Sejak diunggah pada Kamis, 14 Januari 2021, video tersebut telah ditonton 15.000 kali dan disukai 79 pengguna Youtube.

Berikut narasi yang menyertai unggahan video itu:

"Asstagfirullah habib rizieq Shihab Di tendang Oknum Polisi. Ya allah ya rob Oknum Polisi ini tega menendang Sang Ulama Besar indonesia semoga Beliau di beri ketabahan ya kawan kawan".

Baca Juga: Habib Rizieq Tersangka, Rocky Gerung: Salahnya Adalah Gak Mau Disogok dan Copot Jabatan

Namun, video ini dinilai hoaks alias kabar bohong. Sebab, peristiwa Habib Rizieq saat memasuki mobil berwarna hitam itu dilihat banyak orang, termasuk oleh anggota Front Pembela Islam (FPI) sendiri.

DPP FPI mengonfirmasi bahwa tidak ada kejadian penendangan itu. Habib Rizieq tidak pernah ditendang polisi.

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun dalam video berjudul "VIRAL!! HABIB RIZIEQ DITENDANG PETUGAS?! INI KLARIFIKASINYA!!" di kanal Youtube mengaku mendapatkan klarifikasi atas kejadian tersebut.

Pada menit ke-4 lewat 49 detik, Refly menjelaskan klarifikasi soal kejadian di video itu berawal dari video yang diperolehnya dari salah satu grup aplikasi percakapan instan WhatsApp.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X