Cek Fakta: Usai Shalat Jumat, Rakyat Aceh Kembali Minta Merdeka

- 13 Januari 2021, 21:57 WIB
bendera GAM /Ikbal Karmadi

JURNAL GARUT - Sebuah akun facebook bernama Imbalo Helideo memposting sebuah video Youtube yang diklaim bahwa Aceh kembali minta Kemerdekaan.

Video yang berjudul "ACEH KEMBALI MEMINTA KEMERDEKAAN SETELAH SHOLAT JUMAAT DI MASJID RAYA BANDA ACEH" ini diposting di dalam grup BERITA PAPUA MERDEKA dan mendapatkan likes sebanyak 35 kali.

Terlihat suasana di dalam video yang dibagikan akun facebook Imbalo Helideo ini memperlihatkan bendera GAM yang dikibarkan di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Terdengar dengan samar orasi dari beberapa orang yang hadir serta teriakan “merdeka”.

Baca Juga: Ramalan Pasangan Aries dan Capricorn Hari Ini : Saling Peduli Tapi tak Tahu Bagaimana Mengungkapkan

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa peristiwa dalam video tersebut adalah peringatan HUT GAM ke-44 yang diselenggarakan pada 4 Desember 2020, di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Bendera bulan bintang sempat dikibarkan selama lebih dari 15 menit di depan Masjid Raya, hal ini sama seperti peletakkan bendera GAM pada video yang diposting oleh Imbalo Helgha (lihat pada durasi ke- 00:01:54 dan 00:03:10).

Selain itu salah satu peserta juga melakukan orasi dan massa mantan kombatan sesekali meneriakkan “merdeka, merdeka” (lihat pada durasi ke- 00:06:08).

Massa mantan kombatan GAM tampak mengibarkan bendera bulan bintang dan berikrar, mereka juga sempat berfoto bersama.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X