Cek Fakta: Tommy Soeharto: Siapapun yang Mengganggu FPI Akan Berhadapan dengan Cendana

- 28 November 2020, 08:06 WIB
KETUA Umum Partai Berkarya Hoetomo Mandala Putra, yang lebih akrab dipanggil Tommy Soeharto.*/ISTIMEWA /

JURNAL GARUT - Sebuah akun facebook bernama Djon Liem mengunggah status pada tanggal 23 November 2020 berupa gambar Tommy Soeharto dan Rizieq Shihab sedang bersalaman dengan narasi yang menyebutkan bahwa siapa saja yang mengganggu Front Pembela Islam (FPI) akan berhadap dengan keluarga Cendana.

Berikut narasi dalam gambar yang diposting akun tersebut:

Tommy Soeharto bilang:
”siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat islam dan akan berhadapan dgn aku/Keluarga Cendana” Ujar Tommy di I News TV hari ini”.

Gambar tangkap layar postingan akun facebook yang menyatakan bahwa siapapu yang mengganggu FPI akan berhadapan dengan keluarga cendana.
Gambar tangkap layar postingan akun facebook yang menyatakan bahwa siapapu yang mengganggu FPI akan berhadapan dengan keluarga cendana. Turn Back Hoax Mafindo

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, berdasarkan hasil penelusuran diketahui foto tersebut pernah diunggah pada situs berita detik.com dan cnnindonesia.com pada tanggal 7 Juli 2018.

Baca Juga: Pendaftaran Masih Dibuka, Berikut Cara Mudah Mendaftar Program BLT UMKM Rp2,4 juta Via Online

Dalam pemberitaan itu disebutkan Tommy dan Rizieq melakukan salam komando saat bertemu di Mekkah, Arab Saudi, pada 2018.

Kala itu Tommy sedang berada di Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan bersilaturahmi dengan Rizieq Shihab.

Namun dalam isi berita tidak ditemukan penjelasan Tommy yang mengatakan “Siapa pun yang mengganggu FPI dan para ulama sama saja membangkitkan umat Islam dan akan berhadapan dengan saya atau keluarga Cendana”.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X